Skip to main content

kehamilan trimester 1 berapa minggu

 
kehamilan trimester 1 berapa minggu

kehamilan trimester 1 berapa minggu

kehamilan trimester 1 berapa minggu – gejala, perubahan fisik dan diet

kehamilan trimester 1 berapa minggu ? Menjadi hamil adalah perasaan yang luar biasa bagi setiap wanita. Segera setelah Anda mengetahui tentang kehamilan Anda, Anda dibanjiri dengan perasaan menjadi ibu. 

Namun, berbagai kekhawatiran dan pertanyaan mungkin muncul di benak Anda seperti, apa yang berubah dalam diri Anda, bagaimana perkembangan bayi Anda atau jenis makanan apa yang harus Anda konsumsi, pertanyaan lain semacam itu.

Ini karena trimester pertama Anda adalah awal kehamilan dan pada trimester pertama Anda ingin tahu tindakan pencegahan apa yang harus Anda ambil agar bayi Anda yang belum lahir tidak mengalami masalah dan kehamilan Anda tetap bebas masalah.

berapa lama trimester pertama kehamilan berlangsung?

Saat Anda berencana untuk hamil atau hamil, Anda mungkin akan diperkenalkan dengan berbagai istilah yang berkaitan dengan kehamilan dan 'trimester pertama' juga salah satunya. Jika Anda bertanya-tanya apa itu trimester pertama dan berapa lama bisa bertahan, kami punya jawaban untuk semua pertanyaan Anda! 

Trimester pertama Anda adalah tiga bulan pertama kehamilan Anda yang dimulai dari minggu pertama kehamilan Anda dan berubah menjadi trimester kedua pada minggu ke-13.

Jika Anda memiliki menstruasi yang teratur, Anda dapat dengan mudah menghitung kehamilan Anda, namun bagi wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur, mungkin agak rumit untuk mengetahuinya.

Gejala umum kehamilan pada trimester pertama kehamilan

Jika Anda sedang hamil, Anda bisa dengan sabar menunggu gejala kehamilan normal terjadi. Berikut ini akan kita bahas gejala kehamilan trimester pertama :

  1. Haid Anda berhenti Berhenti haid adalah tanda-tanda pertama kehamilan yang mungkin Anda perhatikan; Ini karena tubuh Anda mulai memproduksi progesteron, yang menghentikan menstruasi Anda sampai bayi lahir.
  2. Anda mungkin mengalami bercak: Sangat normal untuk mengalami keputihan ringan pada bulan pertama kehamilan karena sel telur menanamkan dirinya di dalam rahim. Proses implantasi dapat menyebabkan bercak dan kram, meskipun perdarahan lengkap pada trimester pertama tidak normal dan harus dilaporkan ke dokter.
  3. Sensitivitas payudara: Payudara Anda mungkin sedikit nyeri dan sensitif terhadap sentuhan. Area yang lebih gelap di sekitar puting menjadi lebih gelap dan Anda bahkan mungkin melihat pembuluh darah di payudara Anda.
  4. Mengubah suasana hati: Anda mungkin melihat perubahan suasana hati Anda, yang merupakan gejala yang sangat umum dari kehamilan. Ini karena perubahan hormon kehamilan.
  5. Buang air kecil berlebihan: Peningkatan aliran darah di sekitar area panggul Anda untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Ginjal harus bekerja lebih keras untuk mengakomodasi peningkatan aliran dalam tubuh ini, yang memberi lebih banyak tekanan pada kandung kemih dan menyebabkan sering buang air kecil.
  6. Anda mungkin merasa lelah dan lesu: Banyak perubahan terjadi di dalam tubuh Anda dan tubuh Anda perlu bekerja keras untuk menyesuaikannya. Itu bisa membuat Anda lelah dan lelah.
  7. Anda mungkin mengalami sembelit: Perubahan hormon menyebabkan tubuh Anda mulai berfungsi secara berbeda dan dengan demikian dapat mempengaruhi fungsi otot Anda. Progesteron menenangkan otot Anda dan mempersiapkannya untuk persalinan yang akan datang dan juga memperlambat fungsi tubuh lainnya. Makanan lewat perlahan melalui usus menyebabkan sembelit.
  8. Anda memiliki minat dan ketidaksukaan yang meningkat terhadap makanan: Anda mungkin merasa sangat tertarik pada makanan tertentu yang sebelumnya tidak Anda sukai, dan sekarang Anda mungkin menyukainya. Sebaliknya, makanan favorit Anda tidak akan lagi menarik bagi Anda. Mengidam dan tidak menyukai makanan sangat umum terjadi selama kehamilan, dan bervariasi dari wanita ke wanita.
  9. Mual dan muntah: Ini bisa terjadi dalam dua hingga tiga minggu kehamilan. Ini juga disebut mual di pagi hari; Namun, Anda dapat merasakannya kapan saja sepanjang hari.

Selain gejala yang disebutkan di atas, sangat umum untuk mengalami kram, pusing, sakit kepala atau sakit punggung pada trimester pertama. Ini semua adalah gejala kehamilan yang sangat umum yang menunjukkan bahwa perubahan sedang terjadi di tubuh Anda.

Perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan

Anda mungkin ingin tahu apa yang terjadi di dalam tubuh Anda atau bagaimana bayi Anda berkembang. Bayi Anda tumbuh sedikit demi sedikit dalam tiga bulan pertama, dari sel yang dibuahi hingga seukuran bulu, yang mulai membentuk lengan, kaki, dan berbagai organ lainnya.

Berikut gambaran perkembangan janin pada trimester pertama:

  • Pada minggu keenam tubuh bayi Anda mulai berkembang dan organ-organ kecil mulai terbentuk, dan sekitar minggu kesepuluh, tangan dan kaki juga mulai berkembang.
  • Kulit bayi Anda mulai terbentuk antara minggu kelima dan kedelapan, dan pangkal serta folikel rambut di bawah kuku mulai terbentuk sekitar minggu kedelapan.
  • Penglihatan bayi Anda, yang meliputi saraf visual dan pupil mata, mulai berkembang pada minggu keempat, sementara retina mulai terbentuk pada minggu kedelapan.
  • Jantung bayi Anda mulai terbentuk dari minggu kelima, dan akan menjadi lebih terstruktur sekitar minggu kesembilan atau kesepuluh, pada minggu kelima Anda akan dapat mendengar detak jantung bayi Anda untuk pertama kalinya.
  • Perkembangan otak dimulai sekitar minggu kedelapan.
  • Sistem pencernaan mulai terbentuk sekitar minggu kedelapan.
  • Indera peraba bayi Anda akan berkembang sekitar minggu kedelapan, dengan indra yang terbentuk di bibir dan hidungnya. Pembentukan organ-organ indera pada alat kelamin, telapak kaki dan telapak tangan akan terjadi pada minggu kedua belas.
  • Kuncup pengecap akan terbentuk sekitar minggu kedelapan, yang melekat pada otak bayi. Namun, selera masih belum berkembang.

Perubahan fisik pada trimester pertama kehamilan

Selama kehamilan, tubuh Anda mengalami berbagai perubahan, baik secara internal maupun eksternal. Berikut beberapa perubahan yang bisa terjadi pada tubuh Anda:

  • Mungkin ada peningkatan ukuran payudara Anda, dan ini karena peningkatan sekresi.
  • Anda mungkin merasa kembung, dan celana atau celana panjang Anda mungkin ketat di sekitar pinggang.
  • Lingkaran di sekitar tulang dada Anda akan menjadi lebih gelap dan lebih besar.
  • Anda mungkin mengalami lebih banyak keputihan.
  • Anda mungkin mengalami bercak.
  • Anda mungkin merasa pusing dan pusing.

kenaikan berat badan pada trimester pertama kehamilan

Pada trimester pertama, berat badan Anda mungkin meningkat sekitar 1 hingga 1,5 kg. Namun, jika Anda mengalami mual parah atau kehilangan nafsu makan, berat badan Anda tidak akan bertambah.

Ini bukan masalah karena Anda dapat menebusnya di kuartal mendatang. Jika Anda mengalami penurunan berat badan yang berlebihan atau pertumbuhan yang berlebihan pada trimester pertama Anda, kedua kondisi tersebut perlu dikhawatirkan. 

Hubungi dokter Anda untuk pertanyaan mengenai berat badan Anda selama trimester pertama kehamilan.

olahraga yang harus dilakukan pada trimester pertama kehamilan

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran, dan ada banyak manfaat olahraga pada kehamilan juga. Sangat penting bagi Anda untuk berolahraga untuk kehamilan yang sehat dan bebas stres. 

Berikut beberapa olahraga yang bisa Anda ikuti agar tetap aktif dan sehat selama kehamilan:

  • Berjalan: Berjalan adalah olahraga terbaik dan teraman untuk kehamilan. Jika Anda sudah terbiasa berjalan kaki, maka Anda bisa dengan mudah berjalan kaki selama 30 menit sehari. Namun, jika Anda tidak rutin berolahraga, berjalan kaki sekitar 10-15 menit tiga hingga empat kali seminggu sudah cukup.
  • Jika Anda tahu berenang dan menyukai bentuk olahraga ini, Anda bisa berenang selama 30 menit 3 hingga 5 kali seminggu. Berenang adalah bentuk olahraga berdampak rendah dan karenanya sangat aman untuk Anda selama kehamilan.
  • Yoga sangat bagus untuk kesehatan mental dan fisik. Ada banyak asana terkait kehamilan dalam yoga yang dapat Anda lakukan dengan aman selama kehamilan, yang cukup bermanfaat.
  • Anda dapat mengendarai sepeda atau mencoba bersepeda di gym. Pastikan Anda menjaga kecepatan dan intensitas Anda dalam jangkauan.
  • Anda juga dapat melakukan selera untuk tetap berenergi dan sehat. Melakukan palatum bermanfaat dalam masalah terkait punggung, dan juga membantu Anda menjaga keseimbangan.

Semua latihan yang disebutkan di atas dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar selama kehamilan. Namun, disarankan bahwa segera setelah Anda mengetahui tentang kehamilan Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai rutinitas olahraga Anda. 

Setiap kehamilan berbeda dan dengan demikian beberapa masalah atau komplikasi mungkin atau mungkin tidak terjadi. 

Sebelum memulai jenis olahraga apa pun, Anda harus mendapatkan persetujuan dokter Anda.

Apa saja yang harus dilakukan untuk trimester pertama kehamilan

Saat Anda hamil, Anda harus membuat pilihan dan keputusan yang tepat untuk kesehatan Anda dan kesehatan serta kesejahteraan bayi Anda. 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat memandu Anda tentang apa yang harus Anda lakukan di tiga bulan pertama kehamilan, atau bagaimana Anda bisa menjaga kehamilan di trimester pertama:

  • Anda dapat merencanakan kapan Anda ingin mengumumkan kehamilan Anda dan memberi tahu teman dan anggota keluarga Anda tentang hal itu. Segera setelah Anda mengetahui tentang kehamilan, Anda akan ingin memberi tahu semua orang tentang hal itu. Namun, disarankan untuk menunggu sampai trimester pertama Anda berakhir, karena pada saat itu risiko utama yang terkait dengan keguguran telah mereda.
  • Anda harus merencanakan diet dan nutrisi Anda sendiri karena Anda adalah satu-satunya sumber pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda dari mana ia akan mendapatkan nutrisi. Pastikan Anda memasukkan buah-buahan segar, sayuran, sereal, kacang-kacangan, daging, unggas dan produk susu dalam diet kehamilan Anda.
  • Anda harus mulai mengonsumsi obat-obatan prenatal yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal dan juga melindungi bayi Anda dari berbagai cacat lahir.
  • Disarankan agar Anda memilih dokter yang baik segera setelah Anda mengetahui tentang kehamilan Anda.
  • Anda harus menjalani berbagai tes dan tes untuk mengidentifikasi kemungkinan komplikasi dan cacat lahir.
  • Anda harus memilih rencana asuransi yang baik.
  • Akan tepat untuk menyiapkan rencana dan laporan pendapatan dan pengeluaran untuk pengeluaran yang akan datang.
  • Anda harus mengikuti rutinitas yang sehat agar tetap sehat dan bugar selama kehamilan.
  • Anda bahkan dapat memikirkan nama bayi Anda terlebih dahulu.

makanan untuk ibu hamil trimester pertama

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan diet dan nutrisi kehamilan Anda. 

Ingatlah bahwa Anda juga memberikan makanan untuk bayi Anda yang sedang tumbuh. Anda perlu menambah kalori untuk mengakomodasi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. 

Inilah yang harus dan tidak boleh Anda lakukan sehubungan dengan makanan kehamilan dan diet seimbang.

Apa yang harus kita makan?

Berikut adalah beberapa diet yang harus Anda ikuti untuk kehamilan yang sehat:

  • Sertakan buah-buahan segar dalam diet Anda. Anda juga bisa minum jus buah segar, tetapi lebih baik makan buah utuh. Buah-buahan segar memberi Anda banyak serat, yang juga baik untuk sembelit selama kehamilan Anda. Hindari makan buah-buahan kalengan dan pilihlah buah-buahan segar sebagai gantinya. Anda dapat mengambil ini 3-4 kali sehari.
  • Sayuran segar seperti labu, bayam, kubis, ubi jalar, wortel, tomat harus dimasukkan dalam diet kehamilan Anda. Makan sayuran dalam 3 sampai 4 kali sehari.
  • Daging, unggas dan telur merupakan sumber yang baik untuk meningkatkan asupan protein selama kehamilan dan protein sangat penting untuk perkembangan janin. Namun, jika Anda seorang vegetarian, Anda dapat menambahkan lentil, polong-polongan, dan kacang-kacangan ke dalam asupan protein Anda.
  • Kalsium tidak hanya penting untuk Anda, tetapi sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Anda harus memasukkan produk susu tiga kali dalam diet Anda, dan karenanya Anda harus mengonsumsi susu, keju, dadih atau mentega untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.
  • Anda harus mengkonsumsi biji-bijian tiga sampai empat kali sehari. Anda bisa makan sereal, roti gandum atau makanan sejenis lainnya.

apa yang tidak boleh dimakan

Berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari selama kehamilan:

  • Jauhi makanan yang tidak sehat, karena tidak hanya membahayakan kesehatan, tetapi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak perlu.
  • Jauhi teh, kopi, atau minuman berkarbonasi.
  • Jangan makan daging mentah atau unggas atau telur.
  • Hindari makanan laut karena mengandung merkuri yang tinggi.
  • Jangan mengkonsumsi buah dan sayuran tanpa mencucinya.
  • Konsumsi alkohol dan merokok harus dihindari.
  • Konsumsi makanan yang tidak dipasteurisasi harus dihindari.

Pengujian pada trimester pertama kehamilan

Jika Anda hamil untuk pertama kalinya, Anda mungkin bingung dengan gejala kehamilan Anda. Meskipun tes kehamilan di rumah dapat memberi tahu Anda bahwa Anda hamil, kebanyakan dokter akan menggunakan tes dan metode lain untuk mengonfirmasi dan mengonfirmasi kehamilan Anda. 

Berikut adalah beberapa tes dan informasi tes:

  • Pemeriksaan fisik dan informasi medis lainnya: Dokter Anda mungkin bertanya tentang metode kontrasepsi Anda, serta tanggal terakhir menstruasi Anda. Pemeriksaan fisik menyeluruh juga akan dilakukan untuk melihat apakah kehamilan Anda adalah kehamilan yang sehat dan tidak ada komplikasi atau cacat lahir.
  • Tes urin dan darah: Tes urin dan darah akan dilakukan untuk memeriksa kesehatan umum Anda dan mencari tanda-tanda kemungkinan komplikasi.
  • Pemindaian ultrasound: Pemindaian ultrasound dapat dilakukan. Ini memudahkan untuk mendeteksi kehamilan dan mendeteksi masalah terkait kehamilan. Dengan metode yang disebutkan di atas, dokter Anda tidak hanya dapat memastikan kehamilan Anda tetapi juga akan memberi tahu Anda tentang komplikasi yang mungkin timbul selama kehamilan.

perawatan pada trimester pertama kehamilan

Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda ambil pada trimester pertama kehamilan:

  1. Jaga pola makan Anda selama kehamilan. Nutrisi yang tidak lengkap tidak baik untuk Anda maupun bayi Anda. Jadi, makan dengan baik dan secara teratur akan menjauhkan Anda dari gangguan pencernaan juga. Sertakan makanan kaya serat dalam diet Anda sehingga sembelit Anda tetap terkendali. Makan makanan kecil sepanjang hari untuk merasa berenergi.
  2. Perbanyak minum air putih dan tingkatkan asupan cairan. Dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan, jadi minumlah setidaknya 8 hingga 10 gelas air sehari.
  3. Berolahraga penting untuk fungsi tubuh yang tepat dan hal yang sama berlaku untuk kehamilan. Berolahraga secara teratur agar tetap sehat selama kehamilan. Apa pun bentuk olahraga yang Anda rencanakan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.
  4. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki pola pikir positif selama kehamilan. Cara terbaik untuk menjaga pikiran Anda bahagia dan positif adalah dengan melakukan meditasi.
  5. Istirahat sangat penting dalam kehamilan. Tubuh Anda mengalami banyak perubahan selama kehamilan, jadi istirahat dan tidur yang tepat sangat penting agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Anda harus mendapatkan 7 hingga 8 jam tidur tanpa gangguan di malam hari dan tidur siang dua hingga tiga kali sehari.
  6. Kehamilan mempengaruhi kekebalan Anda dan dengan demikian membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit lainnya. Jadi jagalah kebersihan dan jaga diri Anda dengan baik.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada kehamilan trimester pertama

Kebanyakan wanita memiliki kehamilan yang lancar; Namun, terkadang beberapa komplikasi mungkin muncul. Sangat penting untuk memahami tanda dan gejala dari setiap masalah sehingga tindakan segera dapat diambil. 

Kami akan membahas di sini beberapa tanda bahaya yang harus Anda beri tahu dokter Anda segera:

  • Jika Anda melihat pendarahan vagina yang berlebihan atau bercak.
  • Jika Anda mengalami mual dan muntah yang berlebihan.
  • Jika Anda mengalami demam tinggi (lebih dari 101 derajat).
  • Jika Anda mengalami rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil.
  • Jika Anda mengalami keputihan yang berlebihan serta gatal-gatal.
  • Jika penyakit kronis Anda seperti diabetes, asma, lupus dll diperparah.
  • Jika Anda mengalami semua jenis tulang kering atau pembengkakan kaki (karena pembekuan darah) atau sakit kepala parah (karena pembekuan darah).

Ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui selama trimester pertama Anda. Sekarang saat Anda menyadari segala sesuatu yang berhubungan dengan trimester pertama kehamilan, jaga diri Anda dan berbahagialah.







Comments

Popular posts from this blog

apakah penyebab penyakit kanker serviks

apakah penyebab penyakit kanker serviks?   apakah penyebab penyakit kanker serviks? Kanker serviks adalah tumor ganas pada leher rahim. Bentuk kanker ini berkembang sangat lambat. Kanker serviks seringkali tidak menimbulkan gejala apapun.  Tanpa skrining populasi, biasanya ditemukan terlambat. Kemudian perawatannya lebih sulit dan lebih berat. Kanker serviks terutama terjadi pada wanita muda antara usia 35 dan 45 tahun. Ini berbeda dari kebanyakan kanker. apakah penyebab penyakit kanker serviks yang meningkatkan risiko kanker serviks? Sel sensitif  Kanker serviks muncul di daerah transisi (zona transformasi) serviks di mana 2 jenis sel, sel silinder dan sel skuamosa , bergabung. Daerah transisi ini biasanya sedikit lebih ke dalam di serviks .  Pada beberapa wanita lebih di bagian luar serviks. Daerah transisi kemudian lebih rentan terhadap infeksi HPV. Penggunaan kontrasepsi jangka panjang Area transisi sensitif lebih banyak di luar serviks karena penggunaan kontrasepsi jangka p